Sponsors

Prediksi Barito Putera vs Persib Bandung - Liga 1 Minggu 4 Agustus 2019
Persib Bandung dijamu Barito Putra pada pertandingan pekan ke-12 Liga 1 2019 di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Minggu, 4 Agustus 2019.

Dalam laga ini Maung Bandung tidak akan diperkuat dua pemain asingnya, Rene Mihelic dan Artur Gevorkyan.

Mihelic absen lantaran terkena akumulasi kartu kuning. Artur tidak dibawa lantaran dinilai belum bisa memberikan kontribusi bagi tim.

Dua pemain asing lainnya Bojan Malisic dan Ezechiel N'Douassel, siap kembali jadi starter setelah absen di laga sebelumnya akibat akumulasi kartu.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengaku tak risau meski Mihelic tidak bisa main. Menurut dia, Persib memiliki segudang pemain tengah yang bisa menggantikan posisi yang ditinggalkan Mihelic.

"Ya tanpa Rene, tapi banyak pemain yang bermain di posisi itu banyak pemain bagus di posisi itu," ujar Robert dilansir laman resmi klub.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, usai dari Barito, Persib tidak akan kembali ke Bandung dan langsung berangkat ke Surabaya guna persiapan jelang laga kontra Persela Lamongan yang bakal digelar empat hari usai Persib meladeni Barito.

Robert mengaku enggan mengulangi pengalaman buruk saat anak asuhnya tandang ke markas Arema FC. Selain dilibas 5-1, Persib pun harus mendapat teror dari oknum suporter Arema sehingga mengganggu persiapan Persib kala itu.

"Kita tau kita tidak bisa mengulangi apa yang kita alami di Malang. Kita kehilangan latihan, kita tidak bisa beristirahat dan pertandingan nyaris tidak jadi, tidak ada pengamanan di jalan, jadi begitu banyak hal yang salah," ujarnya.

Persib kini bertengger di peringkat 11 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 13 poin. Barito Putera menempati posisi 14 dengan koleksi 9 poin saja.

Persib harus tetap berhati-hati lantaran Barito tengah berjuang bisa keluar dari keterpurukan usai ditinggal pelatih kepalanya Jacksen F. Thiago.

Robert memutuskan untuk tak membawa Artur Gevorkyan bertandang ke markas Barito Putra.

Artur tidak dibawa lantaran penyerang asal Turkmenistan itu dinilai kurang berkontribusi untuk tim. Robert pun meminta Artur untuk bisa menunjukkankualitasnya saat dimainkan.

"Artur tidak bersama kami, Artur harus banyak berkontribusi lagi pada tim ini, jadi sekarang tidak ikut beserta kami (ke Barito)," ucap Robert.

Robert menilai, Artur tak banyak berkontribusi bagi Maung Bandung--julukan Persib. Dari sebelas laga, Artur baru mencetak tiga gol. Sebetulnya, jumlah gol itu tidak bisa dianggap sedikit. Sebab, dibandingkan pemain Persib lainnya, Artur masih unggul dalam perolehan gol.

Menurut Robert, kemampuan Artur Gevorkyan dianggap kalah dibandingkan dengan pemain lokal yang lain. Seharusnya, menurut Robert, kemampuan pemain asing harus bisa lebih dari kemampuan pemain lokal dalam mengolah si kulit bundar.

Robert juga tak membawa gelandang muda Gian Zola lantaran tengah menjalani tes di kepolisian.

"Zola tidak bisa ikut, dan Zola tidak bisa bergabung cukup lama karena ada tes kepolisian dan dia akan mengikuti tes itu selama 10 hari dan tidak bermain bersama tim," katanya.

Rene yakin para pemainnya bisa bangkit di kandang Barito. Secara mental, para penggawa Maung Bandung juga sudah kembali membaik dan siap bangkit kembali menuju jalur kemenangan.

"(Mental) mereka tidak ada masalah, mereka siap menghadapi Barito. Saya pastikan pemain bisa fokus ke pertandingan selanjutnya," katanya.

Kubu Barito Putera juga kemungkinan tidak bisa menurunkan kekuatan penuh. Pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, masih diliputi ketidakpastian perihal Evan Dimas, apaakah bisa diturunkan atau tidak pada duel ini.

Mantan kapten Timnas Indonesia U-19 itu mengalami cedera hamstring saat Barito Putera menahan PSS 2-2 di Sleman (27/7/2019).

"Kondisi Evan Dimas sudah membaik. Kalau melihat kebutuhan tim, saya berharap besar Evan Dimas bisa main. Tapi, soal dimainkan atau tidak, nanti saya akan konsultasi dengan dokter tim," kata Yunan Helmi dikutip bola.com.

Jika Evan Dimas absen, Laskar Antasari sebenarnya masih memiliki Paulo Sitanggang dan Bayu Pradana di lini tengah. Tetapi, dua pemain ini punya karakter permainan berbeda dengan Evan Dimas.

Yunan Helmi memprediksi tensi pertarungan dengan Persib bakal tinggi dan keras. Maung Bandung pasti ingin bangkit setelah dipermak di kandang Arema FC 1-5 (30/7/2019).

"Mereka (Persib) jelas akan berambisi melampiaskan kekecewaannya di sini. Saya waspadai betul misi psikologis itu. Tapi, kami tak akan tinggal diam. Pemain Barito Putera siap meladeni mereka," ujarnya.

Laga Barito vs Persib diprediksi sengit. Kedua tim sama-sama membidik kemenangan guna memperbaiki peringkat klasemen. Barito lebih diunggulkan karena bermain di kandang sendiri. Namun Persib berpotensi bangkit, meski kondisi fisik kalah bugar dari tim tuan rumah.

Secara head to head, kedua tim relatif seimbang. Terakhir kali Bario menang atas Persib musim 2017. Empat laga lain berakhir imbang.

Head to Head

08/12/18 Persib Bandung 3-3 Barito Putera
22/07/19 Barito Putera 2-2 Persib Bandung
09/10/17 Persib Bandung 0-0 Barito Putera
18/06/17 Barito Putera 1-0 Persib Bandung
04/12/16 Barito Putera 1-1 Persib Bandung

Lima Pertandingan Terakhir Barito Putera

09/07/19 Persebaya 2-2 Barito Putera
14/07/19 Barito Putera 1-0 Bali United
18/07/19 Borneo 4-3 Barito Putera
22/07/19 Barito Putera 0-0 Persela Lamongan
27/07/19 PSS Sleman 2-2 Barito Putera

Lima Pertandingan Persib Bandung

10/07/19 Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung
16/07/19 Persib Bandung 2-0 Kalteng Putra
21/07/19 PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
26/07/19 Persib Bandung 0-2 Bali United
30/07/19 Arema FC 5-1 Persib Bandung

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera: Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, Monim, Lucas Silva, Andri Ibo; Bayu Pradana, Ady Setiawan; Gavin Kwan, Evan Dimas, Ferdiansyah; Samsul Arif.

Persib Bandung: I Made Wirawan; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar; Ezechiel N'Douassel.*

Show comments
Hide comments

Post a Comment