Sponsors

Transfer Pemain Persib Bandung: Robert Kirim Sinyal Coret Dua Pemain Asing
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts berencana merombak skuatnya di putaran kedua Liga 1 2019. Maung Bandung pun akan aktif di bursa transfer paruh kedua Liga 1 2019 dengan merekrut pemain baru dan melepas pemain yang ada.

Langkah Persib Bandung untuk merombak formasi pemain tidak lepas dari performa buruk selama putaran pertama.

Dari 12 laga yang sudah dijalani, Persib Bandung hanya meraih kemenangan tiga kali, empat kali hasil imbang dan lima kali menelan kekalahan. Persib Bandung pun terseok-seok di papan tengah klasemen sementara Liga 1 2019.

Saat ini Persib Bandung berada di posisi ke-12 dengan mengemas 13 poin.

Minim dan tumpulnya pemain di lini depan membuat Robert akan mendatangkan penyerang baru. Robert menilai, lini serang tim Persib Bandung tidak memiliki kedalaman skuat yang baik.

Saat ini Persib memiliki empat strker, namun hanya satu penyerang senior, yaki Ezechiel N'Douassel. Tiga striker lainnya, yakni Muchlis Hadi, Frets Butuan, dan Muhammad Wildan Ramdhani, masih minim pengalaman dan jarang dimainkan.

"Jendela transfer akan segera dibuka dan saya memiliki peluang untuk membuat tim ini menjadi lebih seimbang," kata Robert dikutip Tribun Jabar.

"Seperti contohnya di posisi striker, sangat sulit menggantikan striker utama yang kami punya, dan itu area yang menjadi prioritas kami," tambah mantan pelatih PSM Makassar ini.

Persib tidak hanya membutuhkan pelapis bagi Ezechiel, namun penyerang yang bisa menjadi tandem pemain asal Chad itu.Musim lalu, Ezechiel cukup produktif dengan Jonathan Bauman yang menjadi tandem di lini depan.

Dengan berduet dengan Jonathan Bauman, Ezechiel bisa mencetak 17 gol pada musim lalu.

Skuat Persib lebih banyak pemain lini tengah. Di bursa transfer awal musim, Persib merekrut 10 pemain baru, lima di antaranya berposisi sebagai gelandang, yakni Esteban Vizcarra, Rene Mihelic, Artur Gevorkyan, Erwin Ramdani, Abdul Aziz,

Sisanya berposisi bek (Fabiano Beltrame, Achmad Jufriyanto, Zalnando, Saepulloh Maulana) dan hanya satu penyerang (Frets Butuan).

"Tim ini memiliki banyak pemain bagus, tetapi banyak dari mereka berada dalam posisi yang sama. Maka kami perlu keseimbangan di dalam tim," tuturnya.

Robert menegaskan, ia akan menyusun rencana transfer Persib semaksimal mungkin untuk membuat peforma Persib meningkat.

"Untuk itu, dalam tiga minggu ke depan, ketika transfer windows dibuka, kami akan bekerja meminimalisir kelemahan dan kami bisa melakukan pergantian dalam tim," ucap Robert.

Berdasarkan situs Transfer Matching Systems (TMS) FIFA, jendela transfer tengah musim Liga 1 2019 akan dibuka pada 19 Agustus dan ditutup 16 September 2019.

Sinyal Coret Rene dan Artur

Rene dan Artur
Robert mengirimkan sinyal siapa saja pemain yang akan dilepas pada bursa transfer di putaran kedua Liga 1 2019.

Dua pemain asing yang dimiliki Persib saat ini, yaitu Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic, mulai tidak mendapatkan tempat di tim Persib Bandung.

Kedua pemain tersebut tidak disertakan dalam daftar pemain Persib yang akan bertamu ke markas Persela Lamongan, Kamis 8 Agustus 2019. Padahal, kedua legiun asing tersebut dalam kondisi bugar serta tidak menjalani hukuman larangan bertanding akibat akumulasi kartu.

Rene Mihelic dan Artur Gevorkyan sebelumnya juga tidak disertakan dalam rombongan tim ke markas Barito Putera. Rene Mihelic harus menjalani akumulasi kartu, sementara Artur Gevorkyan sengaja tidak dibawa dan gagal membela Persib saat kalah dari Barito Putera.

Tidak disertakannya kedua legiun asing Persib Bandung itu jelas menjadi bola panas dan ramai diperbincangkan di media sosial.

Banyak bobotoh di berbagai platform media sosial yang menilai bahwa Rene Mihelic dan Artur Gevorkyan akan dicoret oleh Robert Alberts saat putaran pertama Liga 1 berakhir.

Artur Gevorkyan sejauh ini sebenarnya telah mencetak 3 gol bersama Persib Bandung. Tetapi dalam beberapa pertandingan terakhir, pemain berpaspor Turkmenistan tersebut lebih sering dicadangkan, bahkan tidak dimasukan dalam daftar pemain.

Sementara itu, Rene Mihelic yang menjadi kreator di lini serang Maung Bandung hingga pekan ke-12, lebih sering mendapatkan kartu kuning daripada memberikan assist. Total, pemain asal Slovenia tersebut telah mengoleksi 5 kartu kuning.

Jumlah kartu kuning Rene MIhelic lebih banyak daripada dua bek utama Bojan Malisic dan Achmad Jufriyanto yang baru mengoleksi 4 kartu kuning, serta gelandang bertahan Hariono yang baru 3 kali diganjar kartu kuning.

Rene dan Artur direkrut saat Persib dalam masa persiapan musim 2019 oleh pelatih sebelumnya yaitu Miljan Radovic.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, mengisyaratkan klubnya akan merekrut pemain anyar di pertengahan musim Liga 1 2019. Hal itu dibuktikan saat Umuh terang-terangan memberi kebebesan sepenuhnya untuk perihal belanja pemain.

“Semua (rekrut pemain) diberikan pada pelatih. 100 persen karena pelatih ini pelatih baik, jenius,” ucap Umuh dikutip Republika, Selasa (6/8/2019).

Terlepas dari itu, Robert juga sempat membeberkan kelemahan Persib, yakni racikan pemainnya belum maksimal. Menurutnya, lini serang Maung Bandung masih minim.

“Semua sudah dibicarakan dengan pelatih dan manajemen. Kita berjalan baik dengan PT, berkesinambungan, kita sudah satu suara. Jadi, putaran dua kita pasti ambil langkah yang terbaik,” lanjut Umuh.

Umuh menegaskan bahwa jajaran manajemen Persib hanya memantau. Masalah belanja pemain itu adalah hak pelatih.

“Oh bukan diberi kesempatan lagi, diserahkan semua pada pelatih. Saya sudah setuju dengan Pak Glenn (Dirut Persib). Manajemen hanya memantau biar pelatih yang cari pemainnya sendiri. Kalau ada yang diganti atau ada tambahan,” tegas Umuh.*

Show comments
Hide comments

Post a Comment