Diduga Korupsi Alkes, Anggota DPRD Kota Bandung Ditahan Polisi di Padang

Diduga Korupsi Alkes, Anggota DPRD Kota Bandung Ditahan Polisi di Padang

Seorang anggota DPRD Kota Bandung 2019-2024 dari Partai Demokrat berinisial IH (59) ditangkap polisi, Jumat (13/9/2019), di Padang.

IH diduga terlibat korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) di RSUD Rasidin Padang, Sumatera Barat, yang mengakibatkan kerugian hingga Rp 5,1 miliar.

"Beliau kita tangkap setelah hasil penyelidikan kami terkait pengadaan alat kesehatan," kata Kasatresrkim Polresta Padang AKP Edryan Wiguna kepada detikcom, Senin (16/9/2019).

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, IH langsung ditahan di Mapolresta Padang.

"Yang bersangkutan kita tetapkan (tersangka) berkaitan dengan pengadaan alat kesehatan, dokter dan KB," kata Edryan.

Dikemukakan Edryan, kasus yang melibatkan IH berawal tahun 2013. Saat itu, RSUD Rasidin Padang mendapatkan alokasi dana Rp10 miliar. Perusahaan IH yakni PT CRP ikut lelang.

Namun, pemenang perusahaan bukan perusahaan IH, melainkan perusahaan orang lain, yaitu PT SMP, dengan nilai kontrak Rp 9 miliar. Diduga ada kongkalikong antar peserta lelang dalam kasus ini.

"Saat itu ada empat perusahaan yang ikut. Nah perusahaan IH ini PT CRP dipakai untuk meramaikan saja. Meskipun tidak menang, dia mendapat bagian," kata Edryan.

Proses itupun tercium beraroma korupsi. Polisi lantas menerima laporan terkait proses lelang itu. Satreskrim Polresta Padang lantas melakukan penyelidikan atas kasus ini.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Bandung, Entang Suryaman, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Entang mengatakan, IH ditahan sejak Sabtu (14/9/2019).

"Memang betul yang sekarang diduga dan diperiksa di Polresta Padang itu adalah kader kami dari Fraksi Demokrat," kata Entang.

Entang menilai kejadian ini merupakan musibah untuk DPRD Bandung dan Partai Demokrat. Dia berharap tidak ada lagi kader Demokrat yang tersangkut kasus hukum lainnya.

"Ini adalah musibah bagi kami untuk ke depannya lebih mawas diri. Jangan sampai kader Demokrat terjerumus," ucapnya.

Entang yang juga menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung, akan segera menemui IH di Padang guna memberikan dukungan moral.*

Dapatan info terbaru dari BandungAktual.com via Inbox Email Anda!

0 Response to "Diduga Korupsi Alkes, Anggota DPRD Kota Bandung Ditahan Polisi di Padang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel