Sponsors

Rina Indiastuti Rektor Unpad 2019-2024

BandungAktual.com -- Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE terpilih sebagai Rektor  Unpad periode 2019-2024.

Dilansir laman remi Unpad, Prof. Rina akan dilantik sebagai Rektor Unpad melalui upacara pelantikan yang akan digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (7/10/2019).

Rina menjadi rektor perempuan pertama dalam sejarah Unpad. Wanita kelahiran Kediri 11 Januari 1961 ini sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unpad yang dilantik pada 15 April 2019 menggantikan Tri Hanggono yang purna tugas pada April 2019.

Sebelum ditunjuk sebagai Plt. Rektor Unpad oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Rina menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Ristekdikti.

Dilansir Pikiran Rakyat, Rina dipilih secara aklamasi oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad dalam proses pemilihan yang berlangsung Minggu (6/10/2019).

"MWA memilih, memutuskan dan menetapkan secara aklamasi, yang menjadi rektor Unpad periode 2019-2024 yaitu profesor Rina Indiastuti. Kita bisa secara aklamasi memilih rektor, di tempat lain harus voting," kata Ketua MWA Unpad, Rudiantara.

Ia menuturkan, proses penetapan rektor baru Unpad ini berlangsung kekeluargaan yang dihadiri enam calon, yakni Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., Sp.M(K)., M.Kes., Ph.D., Dr. Arry Bainus, M.A., Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., Dr. Keri Lestari, Apt., M.Si., Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., MSIE, dan Prof. Dr. Unang Supratman, M.Si.

Dalam kesempatan itu, seluruh calon berkomitmen saling mendukung siapa pun yang terpilih.

"Artinya rektor baru juga bisa memanfaatkan program-program yang bagus dari calon lainnya. Mereka berenam putra putri terbaik. Tapi kita memilih siapa yang bisa saling melengkapi," jelasnya.

Rina mengaku membuka peluang bagi calon-calon lainnya untuk masuk kabinetnya di periode kali ini.

"Untuk kabinet tentu saya akan cari orang talenta dari posisi masing-masing. Bukan tidak mungkin (lima) calon lainnya masuk talenta dibutuhkan," kata Rina.

Bukan Titipan Menristekdikti

Rudiantara menegaskan, terpilihnya Prof. Rina Indiastuti sebagai Rektor Unpad 2019-2024 bukan merupakan titipan dari Menristekdikti. Rina dipilih secara aklamasi oleh 15 anggota MWA yang memiliki hak pilih.

"Enggak, kalaupun dilakukan Kementerian 35 persen, (kalau) voting kalah dengan 65 persen, percayalah," katanya.

Hal senada dikemukakan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismunandar, yang mengatakan tidak ada nama yang diperintahkan untuk dimenangkan dalam pemilihan ini.

Terpilihnya Rina juga tak ada kaitannya dengan kedekatan Kemenristekdikti dengan Rina.

"Enggak (ada titipan). Kita ikut apa yang diinginkan dan sesuai kebutuhan Unpad. Ada dari mahasiswa, unsur masyarakat, semua sepakat," katanya.*

Show comments
Hide comments

Post a Comment