Daftar Rumah Makan Sunda dan Tempat Wisata Kuliner Enak di Bandung

Daftar Rumah Makan Sunda dan Tempat Wisata Kuliner Enak di Bandung


Sebagai Tempat Wisata Kuliner, Kota Bandung menawarkan banyak rumah kaman atau restoran dengan masakan khas Sunda.

Selain rumah makan Sunda, masih banyak tempat wisata kuliner lainnya yang enak dengan suasana nyaman.

Daftar Rumah Makan Sunda di Bandung

1. Rumah Makan Kampoeng Sawah

Lokasi: Jalan Gandasari Nomor 152, Desa Cangkuang, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 08.00-21.00 WIB.

Kampoeng Sawah menyediakan tempat makan bernuansa rumah tradisional yang dilengkapi kolam renang.  Ikan mas cobek, bakakak ayam goreng, pencok leunca, ulukutek leunca, hingga oseng balakutak jadi menu andalannya.

2. Rumah Makan Cikawao

Lokasi: Jalan Cikawao Nomor 7, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat Jam operasional: 10.00-18.00 WIB.

Rumah makan menyajikan nasi merah, timbel, ayam kampung, asin jambal, ikan mas, oncom, tumis genjer, ulukuteuk leunca, hingga picung. Untuk minumannya, ada aneka jus, es teh, es jeruk, dan kopi.

3. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk Bandung


Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk Bandung

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta Nomor 508, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 07.00-22.00WIB.

Tempat makan yang dilengkapi dengan taman kecil dan kolam ikan ini terasa sangat nyaman. Anda bisa memilih makan di gazebo kecil di tengah kolam ikan.

Rumah makan ini menawarkan nasi merah, timbel, tutug oncom, tumis genjer, ayam bambu, bakakak goreng, hingga jambal goreng. Ada aneka jus, kopi, es goyobod, dan es cincau untuk menyegarkan tenggorokanmu.

Paket Nasi Liwet Gurame/Ayam Goreng jadi andalan. Paket nasi liwet super lengkap isinya nasi liwet, gurame/ayam goreng, tahu jaket, tempe mendoan, asin jambal, lalaban dan sambal cibiuk. Paket nasi liwet gurame sudah sangat lengkap untuk dinikmati bersama keluarga ataupun teman.

4. Rumah Makan Manjabal

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta Nomor 88, Soekarno Hatta, Kelurahan Batununggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 09.00-21.00 WIB.

Rumah Makan Manjabal didesain supaya kita bisa memilih duduk di kursi atau lesehan. Desainnya yang sederhana membuat Anda bisa merasa sedang makan di rumah sendiri.

Rumah makan khas Sunda di Kota Bandung ini menyajikan nasi timbel, tutug oncom, gurami, bebek kewod, pencok leunca, dan mendoan. Untuk minumannya, ada kelapa muda gula aren, soda gembira, aneka jus, dan kopi.

5. Rumah Makan Boemi Mitoha

Lokasi: Jalan Ciliwung Nomor 15, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 10.00-22.00 WIB.

Boemi Mitoha artinya Rumah Mertua. Rumah makan Sunda ini didesain sangat homey yang dilengkapi ornamen lampu di bagian depannya.

Menu makanan andalannya terdiri dari gurami dawegan, kiciwis, karedok, hingga lotek. Untuk minumannya, ada kopi, aneka jus, dan es teh.

6. Warung Nasi Ampera

Lokasi: Jalan PH.H. Mustofa Nomor 31, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 09.00-22.00 WIB.

Warung Nasi Ampera memiliki belasan cabang yang tersebar di Bandung dan Jakarta. Tempatnya cukup luas, cocok banget buat makan bareng keluarga besar.

Menu makanan khas tempat makan ini antara lain pepes peda, aromanis toros, kecimpiring, pepes asin jambal, hingga jengkol balado. Untuk minumannya, kamu bisa memilih aneka jus, es teh, es campur, dan sup buah.

7. Rumah Makan Sindang Reret

Lokasi: Jalan Surapati Nomor 53, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 07.00-22.00 WIB.

Ada empat cabang Sindang Reret yang tersebar di Bandung. Didominasi ornamen kayu, suasana di sini terasa sangat nyaman. Bentuk rumah makannya pun sangat tradisional.

Anda bisa menikmati berbagai jenis olahan tumis, mie, nasi, dan sambal. Ada pula oseng ginseng, nasi liwet, timbel, sambal dadak, domas, hingga karedok. Menariknya, tempat ini punya banyak minuman khas Sunda, seperti layung katineung, patail janji, mojang priangan, hingga sangkuriang.

8. Rumah Makan Sangkan Hurip

Lokasi: Jalan Punclut Nomor 571, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 24 jam

Tempat yang sangat sederhana ini bikin kamu merasa seolah-olah jadi warga lokal. Semua tempat duduknya disediakan lesehan, sehingga bikin suasana jadi makin santai.

Beberapa menu andalannya terdiri dari pepes jambal, karedok leunca, bakar peuteuy, goreng asin peda, dan lain-lain. Untuk minumannya, kamu bisa memesan es kelapa, susu, es campur, es teh manis, hingga bandrek.

9. Warung Nasi Bancakan

Lokasi: Jalan Trunojoyo Nomor 62, Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 10.00-22.00 WIB.

Warung Nasi Bancakan menyediakan tempat makan yang sangat luas. Cocok untuk datang rombongan.

Ada nasi liwet, kare jaer, nalakutak, asin gabus, hingga aneka pepes yang bisa kamu nikmati. Nah, kamu bahkan bisa memesan paket menu yang dibanderol mulai dari Rp30-55 ribu. Lengkapi pula dengan es jeruk, bandrek, bajigur, dan aneka jus.

10. Rumah Makan Ma' Uneh

Lokasi: Jalan Pajajaran Nomor 48A, Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam operasional: 07.00-16.00 WIB.

Rumah makan ini memiliki dua cabang, yakni di Jalan Pajajaran dan Setiabudhi. Untuk di Jalan Pajajaran, kamu harus melewati gang sempit, sebelum sampai di lokasi. Berbeda dengan Jalan Setiabudhi yang berada di tepi jalan raya.

Tempat Wisata Kuliner Lainnya di Bandung

Ini Nama Dan Tempat Wisata Kuliner Di Bandung. Melansir dari beberapa sumber, ada nama dan jenis makanan yang menjadi ikon kuliner di kota Bandung.

1. Bubur Ayam Gibas

Lokasi: seberang Rumah Sakit Kebon Jati, Jl. Kebon jati No. 187, Bandung. Meski hanya menjual bubur ayam saja, akan tetapi anda bisa memilih berbagai macam topping.

Kuliner yang satu ini selalu laris dan tidak pernah sepi dari pengunjung. Sebab selain rasanya yang enak dan porsinya yang besar, harga yang dibanderol pun sangat murah.

2. Cuanki Serayu

Lokasi: di Jl. Serayu No. 2 dan buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 19.00 WIB.

Termasuk pada jajanan khas Bandung, Cuanki serayu ini merupakan hidangan sejenis bkso yang disajikan lengkap bersama tahu dan mi.

Namun dengan begitu ramainya pembeli, warung sangat sering tutup lebih cepat. Pasalnya cuanki yang dijual sudah habis sebelum jam tutup.

3. Bakmi Apin

Lokasi: Jalan Sukajati No. 158 dan merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang bisa and kunjungi.

Setiap harinya warung buka mulai 08.00 hingga 20.00 WIB. Sehingga pengunjung bisa sarapan pagi, makan siang, atau makan malam sekaligus pada satu warung.

4. Nasi Kalong

Bagi Anda yang sering lapar tengah malam, maka sangat cocok untuk berkunjung pada warung satu ini. Tepatnya berlokasi di Jl. R.E Martadinata 102.

Kenapa dinamakan nasi kalong, sebab tempat ini buka mulai pukul 19.00 hingga 00.00 WIB. Bisa dibilang jika kedai makan ini sangat populer.

Peleyanan yang digunakan pun menerapkan gaya prasmanan. Sehingga pasca mengambil nasi, maka selanjutnya bisa memilih lauk yang akan anda makan.

5. Street Food

Masih banyak tempat kuliner di Kota Bandung. Untuk "makanan jalanan", banyak ditemui di seantero Bandung makanan khas Bandung sebagai berikut:

Makanan-makanan ala fine dining sampai jajanan pinggir jalan yang unik dan jadi favorit, rata-rata asalnya dari Bandung. Saking enak, jajanan ini akhirnya bisa ditemui di mana-mana. Seperti 10 berikut ini:

1. Cireng
2. Basreng
3. Cilok
4. Es doger
5. Seblak
6. Cilor
7. Surabi
8. Cimol
9. Kue cubit
10. Tahu bulat

Dapatan info terbaru dari BandungAktual.com via Inbox Email Anda!

0 Response to "Daftar Rumah Makan Sunda dan Tempat Wisata Kuliner Enak di Bandung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel