Gerhana Matahari Cincin Sulit Terlihat di Bandung

Gerhana Matahari Cincin Sulit Terlihat di Bandung
Gerhana Matahari Cincin (GMC) melewati 25 kota di Indonesia, Kamis (26/12/2019). Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), setidaknya ada 25 kota yang disambangi GMC.

Kota-kota yang akan dilewati GMC itu ada di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

GMC juga diprediksi terjadi di Kota Bandung mulai pukul 10.46 WIB. Namun, menurut Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, peristiwa alam tersebut bisa terlihat tergantung dengan kondisi cuaca.

"Besok siang (Kamis) ada potensi hujan di Bandung Raya. Kalau hujan ya matahari tidak terlihat. Kalau enggak hujan, iya bisa terlihat," katanya dikutip Detikcom.

Berdasarkan data yang ada, kata dia, gerhana matahari cincin di Kota Bandung akan berlangsung selama 3 jam 38 menit. Dengan awal gerhana terjadi pada pukul 10.46 WIB, puncak gerhana pukul 12.38 WIB dan berakhir pada 14.24 WIB.

Tony mengatakan, setidaknya ada 27 titik daerah di Jawa Barat yang bakal terlewati gerhana matahari dengan durasi hampir 3,5 jam, di antaranya Bandung, Cimahi, Ngamprah, Seorang, Purwakarta, Garut, Sumedang, Singaparna, Bogor, Depok, Cianjur, Purwakarta, Majalengka, dan lainnya.

Kontak pertama gerhana matahari bakal tampak di Pelabuhan Ratu pada pukul 10.42 WIB dan kontak terakhir pada pukul 14.26 WIB di Cirebon.

Di Kota Bandung misalnya, saat puncak gerhana sebagian pada pukul 12.38 WIB. "Matahari akan tertutup, sebesar 76,4%," kata Toni, Kamis (26/12/2019).

Untuk Kota Bandung, awal gerhana akan terjadi pada pukul 10.46 WIB dengan puncak gerhana pada pukul  12.38 WIB dan akhir gerhana pada 14.24 WIB. Di Bandung durasi gerhana sekitar 3 jam 38 menit dengan magnitudo gerhana 0,764.

Kendati gerhana matahari bakal terjadi hampir di semua wilayah di Jabar dengan durasi lama, kondisi cuaca diperkirakan bakal kurang mendukung untuk melihat secara kasat mata selama 3,5 jam.

BMKG memprediksi, cuaca Jawa Barat pada pagi hari cerah berawan, siang hari berawan dan hujan ringan.

"Tetapi durasi gerhana yang lebih dari 3 jam 30 menit, masih ada potensi matahari tidak terhalang awan, di saat-saat tertentu. Saat itu, gerhana matahari mudah terlihat secara visual," jelas dia.

Tony menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui kondisi gerhana di 29 titik pemantauan BMKG bisa menyaksikan melalui video streaming di YouTube saluran Info BMKG.

Untuk kondisi cuaca, diprediksi sejak pagi Kota Bandung akan diselimuti awan, siang hujan, malam sampai dini hari cerah berawan. Untuk kawasan Lembang pagi berawan, siang hujan, malam berawan dan dini hari hujan.

Masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut bisa melalui streaming bmkg.go.id atau menggunakan kacamata khusus apabila fenomena alam tersebut bisa terlihat secara langsung.

"Agar tidak menatap langsung matahari, berpotensi mengganggu kesehatan, gunakan kacamata khusus atau melihat melalui streaming bmkg.go.id," katanya.


Gerhana Matahari Cincin


Post a Comment

Previous Post Next Post