Home News Wisata Pendidikan Kuliner Video Links

Persib Bandung vs PSM Makassar: Persib Tanpa Dua Bek Andalan, PSM Tanpa Pemain Asing

Persib Hadapi PSM Makassar Tanpa Dua Bek Andalan

Persib Bandung akan menghadapi PSM Makassar, Minggu (22/12/2019), tanpa dua bek andalannya, yakni Nick Kuipers dan Ardi Idrus.

Keduanya harus absen dalam laga terakhir Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, karena akumulasi kartu.

Untuk posisi keduanya, pelatih Persib Robet Akbert memiliki opsi Henhen Herdiana, Indra Mustafa, dan Supardi Nasir.

Lini depan Persib juga kemungkinan kembali tanpa Kevin van Kuippersluis. Pemain asal Belanda ini sudah absen di dua laga sebelumnya karena dipastikan akan dicoret Persib musim depan.

Robert Alberts mengaku tak khawatir dengan absennya kedua pemain pilar tersebut. Robert mengatakan, bakal putar otak untuk mencari kombinasi baru di laga pamungkas kompetisi musim 2019 tersebut.

"Ardi dan Nick terkena sanksi akumulasi kartu, jadi kami harus merancang barisan pertahanan lagi. Tapi kami masih punya pemain yang bisa menempati posisi itu. Kami mencari kombinasi baru di laga berikutnya," ungkap Robert.

Robert sedianya ingin membuat Persib tampil full team saat melakoni laga pamungkas melawan PSM Makassar.

"Tapi itu disayangkan karena saya sebenarnya ingin memainkan komposisi terbaik di laga terakhir," lanjutnya.

Persib tetap membidik kemenangan di laga nanti demi asa finisi di posisi lima besar klasemen akhir Liga 1 2019.

Maung Bandung tidak mungkin mengejar target finis di posisi dua besar lantaran Persipura mampu menang 1-0 tas Barito Putera. Dengan satu laga tersisa, Persipura yang ada di dua besar tak mungkin dikejar Persib.

Persipura kini mengemas nilai 52, sedangkan Persib yang ada di urutan keenam baru memiliki nilai 48.

Pelatih Persib Robert Alberts menyatakan tetap menginginkan Maung Bandung dapat memberikan permainan yang maksimal untuk laga terakhir menghadapi PSM Makassar. Menurutnya peluang Persib untuk menempati lima besar masih terbuka.

"Pemain dan pelatih ingin tetap memenuhi target untuk menempati posisi lima besar di akhir musim ini dan kami akan bermain maksimal pada laga terakhir," katanya.

Namun target untuk memasuki peringkat lima besar itu bukan tanpa hambatan. Pasalnya, kata Robert, hal tersebut bergantung pada nasib yang akan dialami sejumlah klub yang berada dalam peringkat di atas Persib.

"Kemungkinan kami berada di lima besar atau tidak itu bergantung tim lain juga dan bukan hanya tergantung kami," kata pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Kubu PSM Makassar juga mengincar kemenangan di laga pamungkas Liga 1 2019. Juku Eja pun mengasah finishing.

Dalam laga kandang di Liga 1 2019, PSM terpeleset. Tim asuhan Darije Kalezic ditahan PSS Sleman 1-1 dalam laga di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (15/12/2019).

PSM ketinggalan lebih dulu akibat gol tim tamu yang disumbangkan Yevhen Bokhashvili. Sementara itu, PSM baru bisa membalas lewat titik putih. Aaron Evans yang menjadi penyama kedudukan.

Permasalahan penyelesaian akhir itu harus diatasi saat melawat ke markas Persib Bandung di akhir pekan ini.

"Sebenarnya kami sudah melakukan strategi apa yang diterapkan, tapi begitu banyak peluang di babak pertama namun bola tak masuk itu kendala kami di finishing dan Sleman menyulitkan kami bola crossing karena menumpuk di daerah pertahanan mereka," kata asisten pelatih PSM Makassar, Herman Kadiaman.

Herman menjelaskan, ketidakhadiran Darije Kalezic saat PSM vs PSS lantaran masih sakit. Ia menyampaikan perminta maaf pelatih 50 tahun itu.

"Memang tadi siang dia WA saya, bahwa kondisinya tak memungkinkan di Stadion, karena dia mengatakan pertandingan terakhir ini namun dia minta maaf bahwa dia kondisi tubuhnya tak memungkinkan dia sakit katanya," jelasnya.

PSM Tanpa Pemain Asing

PSM tidak akan tampil  full team di laga nanti. Sejumlah pemain asingnya absen.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, mengungkapkan ia akan mengoptimalkan kemampuan materi pemain yang tersisa saat dijamu Persib.

"Tak banyak yang bisa saya lakukan. Kita semua tahu pemain mana saya yang siap main. Mereka itulah yang tampil di Bandung nanti," ujar Darije.

Wiljan Pluim sejak bulan lalu sudah pulang ke Belanda untuk memulihkan cedera. Marc Klok dan Aaron Evans bertolak ke negara masing-masing pada Senin (16/12/2019). Amido Balde absen dalam latihan tanpa pemberitahuan ke Darije.

"Marc dan Aaron sudah meminta izin. Kalau Balde, seharusnya dia datang latihan," kata Darije.

Balde dipastikan absen di Bandung karena terjerat sanksi kartu merah.

Alhasil, pada pertandingan nanti, PSM mengandalkan pemain lokal plus dua pemain naturalisasi, Raphael Maitimo dan Ezra Walian. Keduanya berencana pulang ke Belanda sehari setelah membela PSM Makassar menghadapi Persib.

Bagi PSM Makassar, laga kontra Persib merupakan kesempatan terakhir untuk memutus rekor tak pernah menang di laga tandang musim ini. Kalau seri apalagi kalah, Juku Eja akan menjadi satu-satunya tim yang tak sekali pun meraih tiga poin di markas lawan sepanjang perhelatan Liga 1 2019.(Detik/Tempo).*

Edit

0 Response to "Persib Bandung vs PSM Makassar: Persib Tanpa Dua Bek Andalan, PSM Tanpa Pemain Asing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel