Mang Uha Jadi 'Manusia Gorong-Gorong' untuk yang Mau Sholat

Mang Uha Jadi 'Manusia Gorong-Gorong' untuk yang Mau Sholat
Mang Uha, "manusia gorong-gorong", menghebohkan jagat maya dengan aksinya melompat ke saluran gorong gorong sedalam empat  meter untuk mengambil tumpukan sampah yang menjadi penyebab tersumbatnya  saluran air.

Warga Cicadas, Kota Bandung, ini populer setelah aksinya dalam video berdurasi satu  menit tersebar luas di media sosial.

Bersama sahabat karibnya, Mang Uho, saat hujan tiba, saluran air yang penuh oleh sampah akan meluap hingga ke jalan utama.  Mang Uha dengan sigap masuk gorong-gorong dan membersihkan sampah yang menghambat air.

Masyarakat memberikan apresiasi kepada Mang Uha. Lembaga Amil Zakat Nasional  (Laznas) Panti Yatim Indonesia juha ikut memberikan hadiah berupa parcel untuk Mang Uha dan Mang Uho, Selasa (31/12/2019), di kediamannya Jalan Asep Berlian,  Gang H Syarkoni, Cicadas Kota Bandung.

Mang Uha  mengungkapkan,  aksinya sudah dimulai dari tahun 2016. Salah satu alasannya, ia tak ingin air selokan mengotori orang yang mau shalat.

“Kalau  air meluap,  'kan warga yang mau shalat jadi terkena najis air selokan. Janten abdi sanes hoyong viral nanging hoyong ngabersihan ieu gorong gorong supados bersih, supados lancar, supados Bandung tiasa kengeng deui juara. (Jadi, saya bukan ongin viral, tapi ingin membersihkan gorong-gorong ini supaya bersih, supaya lancar, supaya Bandung bisa dapat juara lagi)," kata Mang Uha dalam rilis Panti Yatim.

Mang Uha menitipkan pesan untuk warga Bandung agar tidak membuang sampah sembarangan. “Mari kita cintai negeri ini dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” ujar Mang Uha.*



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post