Home News Wisata Pendidikan Kuliner Video Links

WN China Suspect Virus Corona, RSHS Bandung Trending

WN China Suspect Virus Corona, RSHS Bandung Trending
Seorang warga negara China diisolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Pria tersebut diduga terkena virus Corona 2019-NcoV.

Nama RSHS dan Bandung pun trending di Twitter, Minggu (26/1/2020) hingga Senin (27/1/2020) pagi, setelah tagar #VirusCoronona trending sepanjang hari Minggu.

Dilansir detikcom, pria asal China terduga kena virus Corona itu dirujuk dari Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan, Kabupaten Bandung Barat, ke RSHS Bandung, Minggu (26/1/2020) siang.

Kasubbag Humas RSHS Bandung Renny Meisuburryani membenarkan kabar soal pasian diduga terserang virus Corona. Pasien itu saat ini tengah dalam penanganan intensif.

"Sudah di ruang isolasi," kata Reny.

Reny mengatakan, belum diketahui secara jelas soal virus itu yang diduga ada di tubuh WN China. Saat ini, tim dokter RSHS masih melakukan investigasi. "Masih diinvestigasi," kata dia.

Reny tak bisa menjelaskan secara detail terkait dugaan WN China terserang Corona. Pihaknya menyebut keterangan resmi akan disampaikan oleh Dirut RSHS besok.

"Untuk lebih jelasnya, besok bu Dirut akan memberikan keterangan ya," tuturnya.

Korban Bertambah

Korban tewas akibat Virus Corona meningkat menjadi 56 orang dari total 1.975 kasus yang dilaporkan, sebagaimana dikutip CNBC dari AP News. 

Presiden China Xi Jinping menyebutkan, penyebaran virus ini menjadi situasi yang sulit.

Jutaan orang yang bepergian selama liburan telah memicu penyebaran wabah secara nasional dan luar negeri setelah dimulai di kota Wuhan di China tengah. Sebagian besar infeksi dan semua kematian telah terjadi di daratan Cina, tetapi kasus baru bermunculan.

Singapura melaporkan kasus keempat pada hari Minggu, seorang pria berusia 36 tahun dari Wuhan. Kementerian Kesehatan mengatakan dia tidak menunjukkan gejala apa pun dalam penerbangannya. Dia menderita batuk pada hari berikutnya, mencari pengobatan pada 24 Januari dan segera diisolasi.

Korea Selatan mengkonfirmasi kasus ketiganya, menurut kantor berita Yonhap. Di jantung wabah di mana 11 juta penduduk sudah terkunci, Wuhan melarang sebagian besar penggunaan kendaraan, termasuk mobil pribadi, di pusat kota mulai hari Minggu, media pemerintah melaporkan. Hanya kendaraan resmi yang akan diizinkan, kata laporan itu.

Di Hong Kong, pemimpin Carrie Lam mengatakan pemerintahnya akan meningkatkan tingkat responsnya terhadap keadaan darurat, yang tertinggi, dan menutup sekolah dasar dan menengah selama dua minggu lagi di atas liburan Tahun Baru Imlek minggu depan. Mereka akan dibuka kembali 17 Februari.

Diberitakan Kompas, Virus Corona yang diduga kuat berasal dari Wuhan, China tengah menjadi perhatian masyarakat internasional. 

Virus dengan karakteristik mirip SARS dan memiliki risiko kematian ini telah menyebar ke berbagai negara. Jumlah negara yang mengonfirmasi terinfeksi virus corona pun  terus bertambah hanya dalam hitungan hari. Setidaknya, sampai dengan hari ini, terdapat 13 negara yang mengonfirmasi adanya kasus tersebut.

Virus baru berasal dari keluarga besar yang dikenal sebagai corona virus, beberapa menyebabkan tidak lebih buruk daripada pilek. Ini menyebabkan gejala pilek dan flu, termasuk batuk dan demam, dan dalam kasus yang lebih parah, sesak napas. Ini dapat memperburuk pneumonia, yang bisa berakibat fatal.*

Edit

0 Response to "WN China Suspect Virus Corona, RSHS Bandung Trending"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel