Home News Wisata Pendidikan Kuliner Video Links

Langgar Aturan Sponsor, Jersey Persib 2020 Dipastikan Berubah

Langgar Aturan Sponsor, Jersey Persib 2020 Dipastikan Berubah
Jersey Persib 2020

Tira Persikabo dan Persib Bandung melanggar aturan terkait sponsor dalam jersey terbaru mereka di Liga 1 2020.

Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meminta klub-klub itu mengikuti aturan yang berlaku.

Tira Persikabo menerima sponsor rumah judi. Hal itu melanggar pasal 27 ayat 2 UU No 11 tahun 2008 mengenai ITE, terkait larangan penyebaran informasi perjudian.

Persib juga melakukan pelanggaran, bahkan sejak musim 2019. Maung Bandung bekerja sama dengan perusahaan rokok dan memasang tagline "Pria Punya Selera" di jersey, yang sudah melekat sebagai brand image sebuah merek rokok.

"Pria Punya Selera" di jersey Persib melanggar pasal 36-37 PP 109/2012 karena besar kemungkinan maksud tulisan tersebut mencerminkan atau dimaknai iklan/brand image perusahaan rokok.

PT Liga Indonesia Baru juga sudah mengeluarkan edaran terkait masalah ini. PT LIB melarang klub Liga 1 2020 untuk menjalin kerjas ama dengan sponsor dari situs judi, minuman beralkohol, dan rokok.

Jika ada pelarangan, PT LIB menyerahkan semua konsekuensi kepada klub.

Pemerintah, lewat Menpora Zainudin Amali, menanggapi masalah ini. Meski tak ingin ikut campur lebih jauh, dia berharap aturan yang ada dipatuhi.

"Jadi sebaiknya untuk sponsor kan sudah ada aturannya. Ya sudah ikuti saja itu. Ikuti aturan UU," kata Amali.

"Pokoknya semua kegiatan apapun ikuti UU, bukan cuma sepakbola tapi semua kegiatan olahraga di masyarakat ikuti UU," tegasnya dilansir detik.com.

Jika Persib menghapus tulisan "Pria Punya Selera" di jersey terbarunya, maka kostum Maung Bandung yang baru dirilis 25 Februari lalu dipastikan berubah. Tulisan di bagian bahu akan diganti atau dikosongkan.

Dilansir laman resmi klub, musim ini Persib Bandung disponsori oleh 12 mitra untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Sponsor Persib adalah Indofood, Mobil, Permata Bank Syariah, Kopi ABC, Pria Punya Selera, Panther, Didimax, Halodoc, Azzuri, Envi, ISMC dan Sportama. 

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) selaku pengelola Persib Bandung, Umuh Muchtar, enggan terlalu jauh berkomentar perihal sponsor yang melanggar aturan.

"Saya tidak bisa bicara masalah itu (sponsor) karena itu bukan kewenangan saya. Saya pribadi berharap sponsor Persib tidak berbenturan dengan larangan pemerintah," kata Umuh di Bandung, Rabu (26/2/2020), dikutip bola.com.*

Edit

0 Response to "Langgar Aturan Sponsor, Jersey Persib 2020 Dipastikan Berubah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel