Suara Dentuman Hebohkan Warga Bandung, BMKG Belum Temukan Sumbernya

Suara Dentuman Hebohkan Warga Bandung

Masyarakat di wilayah Bandung mendengar suara dentuman misterius, Kamis (21/5/2020) pagi.

Dentuman pun trending topic di Twitter. Isinya mayoritas cuitan tentang kesaksian mendengarkan dentuman, bahkan mendengarnya berkali-kali.

Penyebab suara dentuman misterius tersebut belum diketahui.

"Tidak ada kejadian gempa bumi, hari ini di sekitar Bandung. Dari Pukul 00.00 s/d 10.00 WIB," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Tony Agus Wijaya.

Menurutnya, hingga Pukul 10.00 WIB cuaca di Bandung dan sekitarnya cerah.

"Cuaca di Bandung Raya pada pagi hari hingga Pukul 10.00 WIB, pada kondisi cerah dan berawan. Tidak terjadi hujan," ujarnya.

Begitupun, tidak terjadi petir di pagi ini. "Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya antara Pukul 08.30-10.00 WIB," tambahnya.

Pihaknya, masih melakukan penelusuran terkait kejadian tersebut. "Perlu dianalisis penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca dan petir," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, suara dentuman misterius terdengar di Kota Bandung, Jawa Barat. Belum diketahui secara pasti suara dentuman tersebut berasal dari mana.

Peneliti BMKG Daryono mengatakan suara dentuman di Bandung bukan yang pertama kali. Terhitung sudah terjadi empat kali suara dentuman misterius terjadi di Pulau Jawa dalam beberapa waktu terakhir.

Pertama, saat Gunung Anak Krakatau yang mengalami erupsi pada awal April. Erupsi Gunung Anak Krakatau saat itu dikabarkan menyebabkan suara dentuman dan gemuruh. Namun sejumlah ahli akhirnya meralat asal suara tersebut.

Sebagian besar ahli sepakat dentuman misterius yang didengar warga Jabodetabek dan sebagian warga di wilayah Jawa Barat bukan akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

Namun, pakar vulkanologi Soerono meyakini dentuman yang terdengar di sekitar Jabodetabek pada Sabtu (11/4) berasal dari erupsi Gunung Krakatau. (Antara/Detik)

Post a Comment

Previous Post Next Post