Pintu Tol Gedebage Bandung Dibangun 2015

Posted by Bandung Aktual on August 28, 2014 | Follow @bandungaktual

Pintu Tol Gedebage Bandung Dibangun 2015
BandungAktual.com -- Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memastikan pembangunan Exit Tol Gedebage di KM 149 akan dibangun pada awal 2015. Pembuatan pintu tol juga untuk akses menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) yang akan menjadi markas baru Persib Bandung.

Menurut Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil itu, dalam waktu 2-3 pekan ke depan, pembebasan lahan sudah dapat terselesaikan.

"Target dua minggu ke depan pembebasan lahan selesai. Selanjutnya proses gambar untuk exit tol. Jadi awal 2015 sudah bisa dikerjakan," ungkapnya kepada wartawan di Pendopo Kota Bandung, Rabu (28/8).

Rencananya, exit tol Gedebage Kota Bandung ini baru untuk masuk wilayah Kota Bandung. Sedangkan untuk ke wilayah Kab. Bandung belum bisa dilaksanakan. Pasalnya, Kab. Bandung memang belum merencanakannya. 

"Sekarang memang hanya Kota Bandung. Idealnya di seberang (Kab. Bandung, red) juga ada exit tol. Sehingga ada pola pembangunan baru," ujar Ridwan.

Emil memang tidak menjelaskan luas lahan yang akan dibebaskan. Namun lahan yang akan dibebaskan di antaranya merupakan milik 23 warga dan dua pengembang. Menurut Emil, berdasarkan peraturan pemerintah, warga harus menyerahkan lahannya untuk kepentingan publik sesuai dengan harga yang telah ditetapkan. Harga tersebut ditetapkan berdasarkan perkiraan oleh tim pengira.

"Harga yang diberikan melalui aturan yang ada. Tidak bisa ditetapkan sesuai dengan harga nilai jual objek pajak (NJOP). Karena memang ada konsultan khusus yang menilainya," kata Emil.

Pembebasan lahan yang bakal dilakukan ini juga termasuk jalan menuju Jln. Soekarno-Hatta. Karena, Pemkot Bandung ingin memberikan fasilitas jalan bagi warga Bandung Timur yang keluar dari jalan tol.

"Kita membebaskan sampai Jln. Soekarno-Hatta. Karena exit tol bukan hanya untuk menyervis orang yang ke stadion, tetapi juga untuk warga Bandung Timur," katanya.

Soal pelebaran Jalan Ciwastra yang juga akan menunjang jalan menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Emil mengaku, belum mengetahui secara detail. Tapi ia memastikan, Pemkot Bandung tengah mengupayakan membuat jalan-jalan tembus. Karena hanya mengandalkan jalan yang ada, belum bisa mengatasi masalah lalu lintas di Kota Bandung. "Sekarang kita masih fokus pada exit tol, selanjutnya akan dilakukan pembangunan jalan lain," janjinya sepetip dikutip klik-galamedia.com.*

» Hatur Nuhun sudah baca Pintu Tol Gedebage Bandung Dibangun 2015

Previous
« Prev Post

0 Response to "Pintu Tol Gedebage Bandung Dibangun 2015"