Kota Bandung Terapkan Program Adzan Serentak

Kota Bandung Terapkan Program Adzan Serentak

Pemerintah Kota Bandung menerapkan program agar kumandang adzan di masjid-masjid Kota Bandung dilakukan secara serentak atau bersamaan.

Program adzan serentak ini dilaksanakan Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kota Bandung. Selain mencanangkan gerakan mengumandangkan azan serentak, BHR Kota Bandung juga mencanagkan kalibrasi arah kiblat.

Pencanangan progam tersebut secara resmi dibuka di Masjid Al-Ukhuwwah, Kota Bandung, Rabu (18/9/2019).

Ketua BHR Kota Bandung Maftuh Kholil, mengatakan gerakan azan serentak dan kalibrasi arah kiblat sudah dicetuskan sejak lama, namun baru terlaksana saat ini.

Menurut Maftuh, gerakan dengan sebutan Gemar Kiblat ini dilatarbelakangi lemahnya penggunaan jam digital sebagai patokan waktu azan. 

Masyarakat kerap bingung dengan gema azan yang tidak serentak di masjid atau musala. Begitu juga di beberapa media, seperti siaran radio dan televisi.

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, seperti real time jam digital yang tidak sinkron dan tidak merujuk pada sumber jam server BMKG. Selain itu, jam tidak pernah dikalibrasi secara rutin serta tidak merujuk standar resmi BHR Kota Bandung dan Bimas Islam Kementerian Agama RI.

"Solusinya menggunakan implementasi metode broadcast system, yakni mengamati hitung mundur melalui display halaman website," ucap Maftuh.

Muazin di masjid se-Kota Bandung diimbau memanfaatkan Sistem Informasi Radio Adzan Bandung Streaming dengan membuka link http://www.radioadzanfmbandung.com 10 menit menjelang azan.

"Demikian juga dengan arah kiblat, guna kepastian dan kenyamanan kaum muslimin, diharapkan seluruh stakeholder mengkalibrasi arah kiblat sesuai petunjuk dari BHR Kota Bandung," ucap Maftuh dikutip detik.com.

Wali Kota Bandung Oded M Danial  menyambut baik acara tersebut. "Sehingga di Kota Bandung nanti tidak ada lagi azan berbeda, tapi serentak, secara bersamaan," katanya.

Dengan pola tersebut, dia berharap, ketika adzan berkumandang, masyarakat Kota Bandung berhenti berkegiatan untuk menyempatkan waktu beribadah. 

"Karena selama ini masih terjadi azan yang berbeda, misalnya di masjid yang satu selesai, di masjid lainnya baru mengumandangkan azan. Maka, ketika Gemar Kiblat ini digaungkan, adzan bisa dilakukan secara bersama-sama," ucapnya.

Program Adzan Serentak

Untuk Mendapatkan Informasi mengenai Jadwal Mulai Adzan untuk Daerah Bandung dan Sekitarnya, silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Mulai mengakses website dengan membuka webbrowser dg link: www.radioadzanfmbandung.com
  2. Mulai menyiapkan port jack dan sambungan stereo ke kabel amplifier/pengeras suara, dengan memasukkan ke konektor audio di setiap hp/smartphone/laptop
  3. Dapat merelay mulai dari 10 menit setelah selesai pengumuman dan dimulai pembacaan murotal dan tarhim hingga terdengar detik detik alarm menuju adzan
  4. Muazin dpt mematikan(Mute/Unmute)/mencabut audio dan mulai mengumandangkan adzan masing-masing.*

Dapatan info terbaru dari BandungAktual.com via Inbox Email Anda!

0 Response to "Kota Bandung Terapkan Program Adzan Serentak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel